• Daftar isi
  • Senin, 02 September 2013

    PERSONEL SATRAD 223 MENGIKUTI SOSIALISASI CONVENTION ON CLUSTER MUNITIONS DI MAKODAM VI / MLW

      Satrad 223 Balikpapan kembali mendapat kesempatan untuk menerima pembekalan mengenai sosialisasi convention on cluster munition ( CCM ) di Makodam VI/MLW pada hari Senin 2/9/13.  Pada pelaksanaannya Satrad 223 mengirimkan 10 personel dimana Kapten Lek Janner H. Silalahi sebagai tertua dalam tim.
       Acara sosialisasi ini di buka oleh Aslog Kasdam VI/MLW  Kolonel Kav Agustodengan membacakan sambutan Pangdam VI/MLW. Selanjutnya pelaksanaan paparan sosialisasi oleh Letkol Cpl M.Martin Lamboto yang keseharian tugasnya sebagai Kasialutsista Dirjen Kemhan RI. Dalam sosialisasi ini di paparkan tentang hasil  penandatanganan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Juwono Sudarsono dalam Konvensi Munisi Curah  (Convention on Cluster Munitions/CCM) di Oslo, Norwegia 3 Desember 2008. Konvensi CCM di tandatangani oleh 108 negara dan sudah diratifikasi 46 negara. Diharapkan melalui penandatangan dan ratifikasi oleh negara pihak, maka perdamaian dunia akan semakin terwujud. Adapun yang menjadi alasan pemerintah RI mennandatangani Konvensi CCM adalah sebagai penjabaran dari alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945 tentang usaha mewujudkan perdamaian dunia, menjadi komitmen terhadap aspek kemanusiaan serta perkokoh Hukum Nasional. Konsekuensi nantinya apabila RI menjadi Negara Pihak adalah melaksanakan ratifikasi UU, menghancurkan CM yang dimiliki, membuat transperancy paparan dan menetapkan Konvensi menjadi Hukum Nasional yang memiliki sanksi pidana. Dari segi manfaat adanya CCM bagi Pemerintah RI adalah terwujudnya peran aktif ciptakan perdamaian dunia, meningkatkan citra RI di lingkungan internasional, membangun sikap saling percaya antar negara pelaksana, perkokoh Sishanudnas kita, terwujudnya pertukaran IPTEK serta terwujudnya kerjasama pemberian bantuan teknis, matrial dan dana untuk korban CM dunia.
      Sosialisasi ini berlangsung padat dan berisi selama 1 (satu) hari namun cukup menambah wawasan bagi personil Satrad 223 selain itu juga acara ini sebagai ajang Personil Satrad 223 berintegrasi dengan satuan samping dari TNI AD dan TNI AL. Acara Sosialisasi CCM selesai dan di tutup kembali oleh Aslog Kasdam VI/MLW dengan membacakan kembali pesan dari Pangdam VI/MLW agar seluruh personil yang telah mengikuti Sosialisasi dapat mengerti serta melaksanakan sosialisasi di satuannya masing-masing.

    WARTA GAMBAR




      

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar