• Daftar isi
  • Sabtu, 22 Februari 2014

    SATRAD 223 BALIKPAPAN TUAN RUMAH PELAKSANAAN LATIHAN HANUDNAS KILAT B DAN CAKRA B TA 2014







       Senin (17/2) kembali Satrad 223 Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan latihan Hanudnas Kilat B dan Cakra B TA 2014. Latihan ini dilaksanakan selama 5 hari yang diawali dengan kegiatan latihan Kilat B selama 2 hari tanggal 17-18 Februari dan dilanjutkan 3 hari pelaksanaan latihan Cakra B dari tanggal 19-21 Februari. Latihan ini merupakan salah satu latihan yang dilaksanakan Kosek Hanudnas II untuk melatih kesiapsiagaan dari unsur hanud secara terpadu di wilayah Kosek Hanudnas II dalam rangka memelihara integritas dan kedaulatan wilayah udara NKRI.

       Sebelum pelaksanaan latihan seluruh peserta latihan mendapatkan pengarahan Jumat (14/2) dari Pangkosek Hanudnas II, Marsma TNI A. Dwi Putranto selaku Dirlat agar selalu melaksanakan koordinasi dengan segala unsur dan dilaksanakan sesuai dengan Protap Hanud yang berlaku serta selalu memperhatikan faktor lambangja sehingga terciptanya zero accident. Adapun unsur-unsur yang terkait dalam latihan ini adalah Kohanudnas, Kosek Hanudnas II, Satrad jajaran, Lanud Sultan Hasanuddin, Lanud Balikpapan, pesawat TS Sukhoi 27/30, pesawat Boeing 737, Heli Sar beserta unsur pendukung lainnya.

      Latihan Hanudnas Kilat B dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kecakapan para Perwira GCI (Ground Control Intercept) dalam menuntun penerbang guna mengintersept pesawat asing yang melintas di wilayah NKRI dengan melaksanakan pendeteksian, pengindentifikasian dan penindakan dengan pengusiran, penghancuran dan pemaksaan mendarat (force down) yang disesuaikan dengan petunjuk Protap Hanudnas yang berlaku. Perwira GCI (Ground Control Intercept) yang terlibat dalam pelatihan ini ada 16 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh Satrad ( 221,222,223,224,225,226) yang berada di jajaran Kosek Hanudnas II.

    Sedangkan  Latihan Hanudnas Cakra B merupakan latihan untuk melatih kesiapsiagaan seluruh unsur di bawah jajaran Kosek Hanudnas II baik dalam hal kesiapan alutsista maupun personel yang ada agar mengetahui dan terbiasa bila menghadapi permasalahan tentang pelanggaran wilayah udara nasional khususnya di wilayah Kosek Hanudnas II.


    WARTA GAMBAR







    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar