• Daftar isi
  • Senin, 22 September 2014

    REFRESHING PENGENALAN DAN BONGKAR PASANG SENJATA PERSONEL SATRAD 223 BALIKPAPAN

      Dalam rangka pembinaan kejuangan dan pemantapan jati diri TNI yang salah satunya adalah Tentara yang profesional yang mahir menggunakan peralatan militer, mahir bergerak dan mampu melaksanakan tugas secara terukur sesuai dengan nilai akuntabilitas sesuai dengan harapan pimpinan. Satrad 223 Balikpapan selain melaksanakan tugas dalam hal penyiapan alutsista radar dan kesiapan personelnya dalam melaksanakan tugas operasi pertahanan udara nasional, dituntut juga mempersiapkan personel yang profesional di dalam mepergunakan alat senjata yang ada.

      Pada hari Senin (22/9), di ketuai Kadisops Satrad 223 Balikpapan Kapten Lek Andi Johan H., S.T. dilaksanakan kegiatan refreshment pengenalan kembali dan bongkar pasang senjata SS 1 yang merupakan senjata perorangan yang dimiliki regu Paskhas BKO Satrad 223 dari Bataliyon 466 Makasar. Selaku trainer adalah Serda Dwi yang kesehariannya bertugas selaku Danru Paskhas BKO Satrad 223 Balikpapan. Pada sesi refreshing pengenalan senjata, Serda Dwi menjelaskan  tentang senjata SS1 yang merupakan singkatan dari Senapan Serbu 1,  yang banyak digunakan oleh TNI dan POLRI. Senapan ini diproduksi oleh PT PINDAD Bandung, berdasarkan senapan FN FNC dengan lisensi dari perusahaan senjata Fabrique Nationale (FN), Belgia. Senapan ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan memiliki berat kosong 4,01 kg. Dia pun menjelaskan bahwa SS-1 diproduksi dalam 2 konfigurasi utama, yaitu senapan standard dan karabin pendek yaitu SS1-V1 — Varian dasar bagi SS1 dengan laras standar dengan popor lipat  serta .SS1-V2 — Varian pendek dari SS1, larasnya diperpendek.

      Setelah refreshing pengenalan senjata dilanjutkan dengan sesi bongkar pasang senjata. Setiap personel Satrad 223 Balikpapan diwajibkan untuk mencoba agar membiasakan dan tidak ragu lagi dalam penggunaan senjata tersebut. " Kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Komandan Satrad 223 Letkol Lek Joko Nugroho, S.T. yang bertujuan mewujudkan  personel Satrad 223 selaku prajurit TNI yang  profesional di dalam melaksanakan tugas" imbuh Kadisops Satrad 223 Balikpapan.

    2 komentar:

    1. Jaya selalu Satrad 223 Balikpapan.

      BalasHapus
    2. Membanggakan....
      Selamat buat Kadisop satrad 223 yg baru.semoga satrad 223 makin profesional.

      BalasHapus