• Daftar isi
  • Jumat, 21 Juni 2013

    KUNJUNGAN TIM UJI KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN TNI AU TA 2013 DI SATRAD 223

       Satuan Radar 223 Balikpapan sebagai Unsur pelaksana tugas dari Kosekhanudnas II yang bertugas melaksanakan pembinaan kemampuan personi dan pembinaan kesiapan alutsista (Radar) dalam menjaga serta menegakkan kedaulatan wilayah udara NKRI khususnya di ALKI II sepanjang masa, baik operasi pengamatan udara maupun operasi-operasi lainnya dibawah kendali operasi Kosekhanudnas II. 

       Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya penilaian satuan dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat menjadi tolak ukur keberhasilan tugas satuan. Penilaian kesiapan operasional Satrad 223 Balikpapan pun tidak luput dari Tim Uji Kesiapan Operasional Satuan TNI AU TA.2013 bidang Unsur Radar.

      Penilaian kesiapan operasional Satrad 223 dilaksanakan  pada hari Kamis (20/6) oleh Tim Uji  Kesiapan Operasional Satuan TNI AU TA 2013. Penilai yang hadir di Satrad 223 adalah Letkol Lek Kasep Panjaitan jab.Pabandya komsus paban V / komnika sopsau dan Letkol Lek Didik Pujo Indarto jab.Kaposek Posek Hanudnas I. Penilaian yang dilaksanakan meliputi  4 aspek yaitu binpuan personil, binpuan alutsista, bingunkuat personil dan bingunkuat alutsista.

        Pelaksanaan penilaian oleh Tim Uji  Kesiapan Operasional Satuan TNI AU TA 2013 dimulai dengan tatap muka tim penilai dengan seluruh perwira dan anggota Satrad 223, yang di dalam acara tersebut terdapat Paparan Kesiapan Satuan Satrad 223 oleh Komandan Satrad 223 Mayor Lek Joko Nugroho, ST dilanjutkan paparan tentang kemampuan personil dalam penguasaan teknik dan pemeliharaan alutsista (Radar) oleh Kadishar Kapten Lek Budi Santoso dan Kasikompdisplay Kapten Lek Janner H. Silalahi.
    Acara Tatap Muka selesai, dilanjutkan dengan pengecekkan dan penilaian kesiapan Protap dan juknis operasi maupun pemeliharaan alutsista serta personil pelaksananya. Selain itu dilaksanakan juga pengecekkan Laporan Kesiapan Satuan yang meliputi Laporan Bulanan dan Renprogja Satuan. Perhitungan pelaksanaan jam operasi yang sudah tercapai oleh Satrad 223 juga tidak luput dari penilaian oleh Tim tersebut.

    Setelah selesai pengecekan kesiapan pendukung, dilanjutkan dengan pengecekkan dan penilaian kesiapan alutsista (Radar) dalam pelakanaan tugas. Diawali dengan pengecekkan dan penilaian kesiapan seluruh sub sistem Radar dilanjutkan dengan Multi Role Operation Cabin (MROC), SBM dan Ruang Yudha Satrad 223. Tidak luput juga Tim mengadakan pengecekkan dan penilaian personil yang saat itu bertugas dengan menanyakan pelaksanaan maitenance harian, mingguan, bulanan, tri wulan, semester, 1 tahunan dan 2 tahunan yang merupakan langkah mempertahankan kesiapan dan kemampuan maksimala alutsista (Radar) dalam mendukung tugas Operasi Udara.

    Pengecekkan dan penilaian pun selesai dan Satrad 223 mendapat nilai yang bagus dalam hal kesiapan operasional satuan. Tim pun meninggalkan Satrad 223 yang selanjutnya akan melaksanakan penilaian ke Satrad 224 Kwandang. 





    1 komentar: